Acara KPDT, Bupati Tobasa Berjalan Beriring Ribuan Warga

Wartawan Penulis oleh: Balas

Tobasa, PostKeadilan – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatra Utara, mendapat dukungan dari ribuan warga masyarakat dalam penyelenggarakan Karnaval Pesona Danau Toba (KPDT). Untuk tahun ketiga kalinya ini, pesta diselenggarakan di Balige selama dua hari berturut-turut atau pada 27-28 Oktober 2018.

Pantauan awak media ini, Bupati Tobasa Darwin Siagian dan wakilnya, Hulman Sitorus serta Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Elisa Marbun terlihat berjalan bersama ribuan warga memakai pakaian adat, iring-iringan dalam karnaval tersebut.

Bupati Darwin mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya yang ada, khususnya kebudayaan Kabupaten Tobasa.

Kemudian dari pada itu, Darwin mengungkapkan, KPDT 2018 diawalinya dengan melakukan percobaan pelayaran kapal dari Porsea ke Balige.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama (pengoperasian kapal) akan diresmikan oleh pemerintah pusat,” ujarnya, Sabtu (27/10/2018).

Pada sore hingga malam hari kedua pelaksanaan event, digelar panggung hiburan rakyat di Tugu D.I. Panjaitan. Pada sore harinya, di lapangan Sisingamangaraja pihak panitia menyuguhkan penampilan artis Ibu Kota, Viky Sianipar.

“Kita akan terus-menerus berupaya dengan segala cara bagaimana menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia,” tukas Darwin.

Di tempat terpisah, senada dengan Bupati Darwin, warga Tobasa juga menyambut baik terhadap kegiatan itu.

“Kami beri apresiasi kegiatan ini. Bukan hanya pawai kendaraan hias, KPDT juga menyajikan beragam pagelaran seni dan budaya dari daerah-daerah di Sumut, khususnya yang berada di sekitar kawasan Danau Toba,” kata Zevrin Alam kepada PostKeadilan di warung kopi depan Pasar Balige.

Calon anggota DPRD Tobasa dari Partai Perindo ini berharap, kegiatan tahunan tersebut dapat berkesinambungan hingga ke generasi berikutnya.

“Ini kan kegiatan positif, mengembangkan kelestarian seni dan budaya khususnya seni budaya penduduk Tobasa. Kita bisa lihat sendiri, KPDT di isi kegiatan seni dan budaya warga Tobasa disamping hiburan rakyat yang ada. Maka kegiatan ini harus di dukung terus dengan menjaga kekompakan dan kerja sama antara pemerintah serta masyarakat,” pungkas Zevrin.

Seperti di ketahui, dalam penyelenggaraan perdana pada 2016, KPDT dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. Kegiatan KPDT ini pun telah menjadi kegiatan di kalender tahunan dan hingga kini berjalan baik dan sukses. (Napit cs)

banner 468x60 banner 468x60

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.