Asintel Kejatisu Minta Peran Serta Wartawan Kawal Uang Rakyat

Wartawan Penulis oleh: Balas

Medan, PostKeadilan – Memasuki kerja pasca libur Hari Raya Idul Fitri selama 10 hari, Asintel Kejaksaan tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Leonard Ebenezer Simanjuntak adakan cofee morning bersama wartawan di Kejatisu, Kamis (21/6).

Dalam pertemuan bernuansa santai itu, Leonard meminta dan mengharapkan peran serta wartawan dan masyarakat mengawal uang rakyat.

“Saya terbuka menerima laporan masyarakat khususnya teman-teman pers, tapi harus secara tertulis dilengkapi bukti awal,” ujarnya.

Asintel juga mengharapkan Peran serta Masyarakat ikut mengawal Pembangunan.

Lebih lanjut Leonard dengan tegas mengatakan, akan menindak oknum oknum jaksa nakal termasuk tim TP4D yang membekingi Proyek.

“Kasih tahu ke saya, tapi harus dengan bukti awal. Biar kita ditindak,” ulangnya.

Leo, panggilan akrab Leonard Ebenezer Simanjuntak ini menjelaskan bahwa Jaksa Agung sudah memperingatkan jangan ada lagi Jaksa yang berkeliaran atau membekengi Proyek.

“Sekarang kesuksesan Kejaksaan tidak lagi diukur dengan jumlah penanganan dan kapan Perkara Korupsi. Kejaksaan tidak lagi menunggu orang salah kemudian menangkapnya. Sekarang kejaksaan mengutamakan pencegahan,” beber Leo.

Terkait pengawalan proyek yang dilaksanakan oleh TP4D, Leo mengatakan bahwa pemberian informasi terkait proyek yang didampingi TP4D telah tercantum dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) -TP4D. Seluruh informasi yang akan disampaikan ke pulblik menurut SOP harus disampaikan oleh Jaksa pendamping TP4D.

“Jadi wajar kalau SKPD saat ditanya tentang proyek yang didampingi oleh TP4D lantas mengarahkan ke ke kejaksaan, memang begitulah Standar Operasional Prosedur SOP nya

Namun Leo mengatakan juga bahwa tidak semua pelaksanaan proyek didampingi oleh TP4D.

Di sela acara santai tersebut, Leo mengharapkan kepada rekan pers yang ada agar melakukan kalrifikasi tentang proyek yang didampingi oleh TP4D kepada Kejaksaan, apakah benar proyek tersebut didampingi oleh TP4D atau tidak.

“Jangan langsung main angkat-angkat berita lah sebelum klarifikasi,” imbuhnya.

Akhir kata, ia (Leo-red) mengharapkan agar wartawan khususnya yang berunit di Kejaksaan dapat membentuk wadah agar penyampaian aktifitas yang dilakukan kejaksaan mudah untuk disalurkan.

“Saya menyambut baik jika teman teman wartawan membentuk wadah. Dan diharapkan dapat secepatnya menyampaikan kepada Saya” pungkas Leo. (Herman PS)

banner 468x60

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.