Bupati Karawang Menjadi Irup Pada Peringatan Hari Pahlawan Ke-71

Wartawan Penulis oleh: Balas

bupati-irup

Karawang, PostKeadilan – Pemerintah Kabupaten Karawang menyelenggarakan kegiatan Apel Peringatan Hari Pahlawan ke 71 yang dipadukan dengan Hari Kesehatan Nasional ke 52 tahun 2016 bertempat di Lapangan Karangpawitan, pada Kamis (10/11).

Upacara peringatan ini dihadiri oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana selaku pembina upacara dan diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karawang dan segenap unsur Muspida di Lingkungan Pemkab Karawang serta perwakilan dari organisasi masyarakat seperti para pengurus Ranting Angkatan 45, LVRI, PEPABRI, PWRI, pimpinan organisasi kemasyarakatan, pelajar dan mahasiswa.

Dr. Cellica sebagai Insfektur Upacara, membacakan sambutan dari Menteri Sosial Republik Indonesia mengenai peringatan Hari Pahlawan tahun 2016. Dalam sambutan tertulisnya Cellica membacakan bahwa peringatan hari pahlawan dapat dijadikan sebagai momen mengingat kembali semangat para pahlawan yang telah sangat berjasa mempertahankan kemerdekaan.

“Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara. dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi ” ujar Cellica.

Selain itu, Cellica berpesan agar masyarakat dapat semakin memupuk nilai-nilai positif dalam diri masing-masing karena menurutnya investasi keterampilan dan material amat penting. “Akan tetapi, yang lebih penting lagi adalah investasi mental. Investasi keterampilan dan material tidak bisa menjadi dasar persatuan dan kemakmuran bersama tanpa didasari investasi mental,” terangnya.

Saat diwawancarai seusai Apel Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Karawang mengatakan bahwa kita sebagai generasi penerus bangsa sudah selayaknya menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi Negara dan bangsa ini.

“Momen peringatan ini sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan,” jelas Cellica.

Sedemikian Ketua DPRD Kabupaten Karawang, H. Toto Suripto ketika dimintai awak media ini statmentnya tentang Hari Pahlawan mengatakan bahwa dengan peringatan Hari Pahlawan ini kita sebagai penerus kita harus mampu memberi makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman.

“Menghadapi situasi seperti sekarang kita berharap muncul banyak pahlawan dalam segala bidang kehidupan,” ujar Toto

“Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan, pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, Indonesia yang adil dan demokratis,” ungkap H. Toto Suripto.

Hal senada Ketua (DPD-KNPI) Kabupaten Karawang, Lukman N Iraz, memaknai peringatan Hari Pahlawan menjelaskan bahwa Hari Pahlawan yang selalu kita peringati hendaknya jangan hanya mengedepankan unsur seremoni belaka, tanpa menghayati nilai-nilai perjuangan yang dipesankan oleh para pahlawan ini. “Akan sangat ironi bila memperingati hari pahlawan sebatas seremoni saja tanpa mengambil tauladan dari nilai-nilai perjuangan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Iraz.

“Sebagai generasi muda, kita harus mampu memberi makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman,’’ pungkasnya.
Marline Nababan

banner 468x60

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.