Festival Danau Toba Berjalan Sukses. Bupati Nikson : Wujudkan Provinsi Tapanuli

Festival Danau Toba Berjalan Sukses. Bupati Nikson : Wujudkan Provinsi Tapanuli

Taput, PostKeadilan – Pembukaan Festival Danau Toba (FDT) di Lapangan Dermaga Pelabuhan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (9/9) sore, tampak meriah dan berwarna. Kain ulos khas Batak disulap menjadi pakaian parade karnaval, lengkap dengan aksesori dan hiasan yang menempel di bagian belakang baju tersebut.
Tak hanya itu, Tarian Tor-tor Tumba juga turut ditampilkan di hadapan rombongan Kementerian Pariwisata, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Se-kawasan Danau Toba, tokoh adat, tokoh agama, dan para undangan yang hadir.
Warga sekitar Danau Toba yang tampak penasaran juga turut memenuhi sekitar Lapangan Dermaga Pelabuhan Muara. Mereka sibuk merekam suasana parade dengan ponselnya. Demikian suasana kemeriahan pembukaan Festival Danau Toba 2016 di Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yang berlangsung 4hari, 9 hingga 12 September 2016.
“Festival Danau Toba (FDT) 2016 menjadi momentum peningkatan wisata Kawasan Danau Toba yang pernah mengalami kejayaan pada masa 90-an,” ujar Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, dalam sambutannya.
Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, Hari Untoro Dradjat, berharap, FDT 2016 dapat menjadi media untuk mempromosikan wisata Danau Toba.
“Semoga Festival Danau Toba 2016 dapat menjadi media yang efektif untuk mempromosikan pesona Danau Toba sebagai destinasi pariwisata prioritas nasional,” kata Hari dalam kesempatan yang sama.
FDT 2016 dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Pembukaan FDT 2016 ditandai dengan dipukulnya alat musik tangganing dan kembang api. Berbagai kegiatan akan diselenggarakan di FDT 2016, di antaranya atraksi seni budaya, wisata olahraga atausport tourism seperti lomba perahu tradisional, lomba renang rakyat dan lainnya.
Disaat penutupan Festival Danau Toba 2016 di Dermaga Muara, Senin (12/9), FDT tahun depan diputuskan diadakan di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).
Secara resmi Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, Perwakilan dari Kementerian Pariwisata Andhy Marpaung, dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Sumut, Elisa Marbun dan dihadiri oleh 7 Kepala Daerah Kabupaten, SKPD beserta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat, menyerahkan secara simbolis naskah serah terima tuan rumah Festival Danau Toba 2017 yang diterima oleh Kadis Perhubungan dan Pariwisata Humbahas, Mangupar Manullang.

Saat penutupan FDT tersebut, pada kesempatan itu pula Bupati Tapanuli Utara mengharapkan dengan adanya kegiatan Festival Danau Toba ini harapan kita untuk menjadi Provinsi Tapanuli (Protap) semakin terwujud. Beliau menghimbau agar kiranya 7 Kabupaten disekitar Danau Toba semakin kompak dan bergandeng tangan dalam mewujudkan Provinsi Tapanuli.
Dengan dijadikannya Bakkara sebagai tuan rumah FDT 2017, maka Humbahas akan menjadi kabupaten yang sibuk ke depan, karena akan menjadi tuan rumah sejumlah acara nasional. Sebelum FDT diadakan, Humbahas akan menjadi tuan rumah perayaan Natal Nasional 2016 pada tanggal 27 Desember mendatang. Tubal/R-01/BS

banner 468x60 banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Perlu bantuan? Email kami disini! Ada yang bisa kami Bantu ?

← Prev Step

Terima kasih telah menghubungi kami. Kami akan kembali kepada Anda sesegera mungkin.

Please provide a valid name, email, and question.

Powered by LivelyChat
Powered by LivelyChat Delete History