GUBSU BUKA PEKAN PASAR PETANI SUMUT DI BATANG KUIS

Wartawan Penulis oleh: Balas

Deli serdang.PostKeadilan – Pembukaan Pekan Pasar Petani Sumatra Utara tahun 2016 yang diadakan di lapangan rumah dinas ADM PTPN II kebun Batang kuis Desa Tanjung Sari Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli serdang, Senin (17/10) itu resmi dibuka oleh Gubernur Sumatra Utara H.T Erry Nuradi M.Si.
Turut hadir di acara pembukaan pekan pasar petani Sumatra Utara 2016 tersebut yakni Wakil Bupati Deli serdang H zainuddin Mars, Waka Polda Sumut Brigjen Pol. Adhi prawoto, Plt Kadis Pertanian Sumut M Azhar Harahap SP M,MA, Kepala Pusat Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI, Ali Jamil Harahap, Ketua PKK Prov. Sumatra Utara, Hj.Evi Diana erry Nuradi, Pangdam yang diwakili Kolonel Suryo serta unsur muspika dan muspida Kabupaten Deli Serdang.
Kegiatan pekan pasar petani Sumatra Utara yang ke ke-13 tahun 2016 tersebut berlangsung selama empat hari ini yaitu dari tanggal 17 s/d 20 Oktober 2016. Dan acara ini di ikuti oleh 37 stand yang terdiri dari 18 stand pertanian kabupaten kota dan SKPD Prov,Sumatra Utara. Di setiap stand, hasil-hasil produksi pertanian, perkebunan unggul dari berbagai daerah pertanian tanam pangan dan holtikultura, banyak diperlihatkan di dalam acara pekan pasar petani tahun 2016 tersebut.
Kepada crew Post keadilan Gubsu HT Erry Nuradi MSi mengatakan, Pasar Petani ini sangat baik untuk dilaksanakan. “Karena disini nantinya, tentunya para petani bisa menampilkan produk produk unggulan dari daerahnya masing masing,” kata Erry di sela acara itu, Senin (17/10) siang.
“Kita ketahui Sumatera Utara ini punya banyak ciri khas dari daerahnya masing masing. Contohnya, ada Jeruk dan Markisa dari Tanah karo, ada Pisang Barangan dari Deli Serdang, kemudian ada Salak dari Padang Sidempuan dan banyak lagi yang menjadi ciri khas daerah yang mungkin selama ini tidak di ketahui secara umum,” bebernya.
Lanjut orang nomor Sumut ini, Oleh karna itu makanya pekan pasar petani ini sangat penting sekali di laksanakan dan juga memotipasi petani berproduksi dengan lebih baik lagi. “Apa lagi juga dengan berbagai perlombaan-perlombaan. Tentunya akan mendapatkan angka ataupun hadiah-hadiah yang dapat jadi motipasi dari kelompok tani, bisa berlomba-lomba, bersaing secara positif tentunya, untuk menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatra Utara,” tambahnya.
“Oleh karna itu kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh petani kelompok tani dan stage holder pertanian yang telah bekerja dengan maksimal sehinga beberapa pencapaian Provinsi Sumatra Utara di bidang pertanian kita, berhasil menaikan pretasi kita dibanding tahun yang lalu,” ujar Erry.
“Tahun yang lalu kita berada di tingkat 5 Nasional sampai dengan angka ramalan kedua di tahun 2016 ini kita sudah berada di peringkat ke 4. Ini semua berkat kerja keras seluruh para petani yang ada, termasuk juga dukungan dari muspida dari para Bupati, Walikota dari pihak TNI, Polri dan seluruh dukungan atas kemajuan di bidang pertanian kita. Sekali lagi, kami ucapkan terimakasih,” pungkas Erry.
Hal senada, wakil Bupati Deli serdang H Zainuddin Mars ucapkan terima kasih juga atas penyelengaraan yang di selengarakan di Kabupaten Deli Serdang. “Kami berharap mudah mudahan ada kegiatan pada hari ini akan dapat memberikan semangat besar dan semangat baru lagi. Kami khususnya bagi para petani, untuk mampu bekerja lebih baik lagi dari sektor pertanian di masa mendatang,” harap Zainuddin di lokasi Pekan Pasar Petani Sumatra Utara tahun 2016, Senin (17/10) sore. (Zuni/Irul)

banner 468x60 banner 468x60

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

GUBSU BUKA PEKAN PASAR PETANI SUMUT DI BATANG KUIS