Harap DAS Citarum Bestari, Dandim Letkol Arm Ayi Yosa Arungi Sungai

Wartawan Penulis oleh: Balas

Karawang, PostKeadilan – Kodim 0604/ Karawang, siapkan spanduk dan ribuan pohon untuk di tanam kembali di pesisir Citarum, demikian disampaikan Dandim 0604/Karawang Letkol Arm Ayi Yosa Karya Winaya, SSos MM saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) DAS Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Indah dan Lestari) wilayah Kabupaten Karawang di Makodim Jln Siliwangi Karawang, Jum’at (24/11/2017).
Dalam Rakor ini hadir Kepala DLHK Karawang Drs Wawan Setiawan, NK MM, Kabagops Polres Karawang Kompol Prasetyo PN, Para Pasi dan Danramil Jajaran Dim 0604/Karawang. Selain itu dari PDAM Karawang, Pemerhati Lingkungan/Aktivis Lingkungan (Forum DAS Citarum) dan LSM serta wartawan juga turut di undang hadir.
Lanjut Dandim, bahwa Gubernur Jawa Barat sudah mencanangkan program Bestari ini, dan semua mendukung. “Dimana target dalam 1 tahun Sungai Citarum harus bersih. Selanjutnya kita laksanakan penghijauan. Kita berharap, dalam 5 hingga 6 tahun Citarum akan Bersih, Sehat, Indah dan Lestar,” kata Letkol Arm Ayi Yosa Karya Winaya di rakor itu.
Sementara Kepala DLHK Karawang menyampaikan bahwa panjang Sungai Citarum ini sekitar 120 KM, permasalahan yang selama ini yang di lewati Citarum diantaranya adalah Limbah Cair Industri.
Kegiatan Rakor di akhiri dengan ramah tamah dengan semua yang hadir.
Keesokan harinya, Sabtu (25/11/2017) Letkol Arm Ayi Yosa Karya Winaya dan jajarannya tampak mempersipakan diri untuk melakukan pengecekan daerah Aliran Sungai Citarum yang melintas di wilayah Kabupaten Karawang, Pada kesempatan itu, Dandim menyampaikan pentingnya sebuah kebersamaan didalam melaksanakan tugas.

Dengan menggunakan Motor Speed Boat, terlihat Letkol Ayi Yosa melakukan Patroli atau Pengecekan Daerah Aliran Sungai Citarum yang melintas di wilayah Kabupaten Karawang, Sabtu (25/11).
Kegiatan pengecekan Daerah Aliran Sungai Citarum tersebut turut mendampingi Pasi Intel Kapten Inf Sukarya, Pasiops Kapten Inf Ade Sudarya dan Pasiter Kapten Inf Wahyu Triyono SIP, serta para Danramil yang wilayahnya dilintasi oleh DAS Citarum seperti Danramil 0412/Klari Kapten Inf Agustiar, Danramil 0411/Telukjambe Kapten Inf Yasin dan Danramil 0401/Karawang Lettu Inf Beneami Hulu.
Pengecekan Jalur DAS Citarum di mulai dari KM O yang berlokasi di kawasan Lembur Babakan Parung Kadali Desa Curug Kecamatan Klari yang merupakan daerah perbatasan antara Purwakarta – Karawang.
Selanjutnya Patroli/Pengecekan dilaksanakan dengan menggunakan Motor Speed Boat menyusuri Sungai DAS Citarum di mulai dari Bendungan Walahar Kecamatan Klari hingga Jembatan Tj Pura Kecamatan Karawang barat yang merupakan Perbatasan Karawang – Bekasi.

Pada akhir kegiatan, Dandim menyampaikan tentang Program Ekosistem, Kelestarian Citarum bestari seperti menjaga alam, penghijauan di Wilayah Bantaran Citarum Kab karawang dan sampai ke hilir. Kemudian Program Bestari untuk Citarum. “Selain melestarikan alam, kita akan coba memberdayakan Sungai Citarum,” pungkas Letkol Ayi Yosa. (Pariston Purba)

banner 468x60

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.