SMAN 1 Bantul Toreh Segudang Prestasi

Wartawan Penulis oleh: Balas

Bantul, PostKeadilan – Dewasa ini banyak oknum Kepala Sekolah acap kali diberitakan ‘miring. Semisal pemberitaan Dugaan Penyalah Gunaan Wewenang, Dugaan Pungutan Liar (Pungli), Korupsi Dana BOS dan seterusnya.

Berdasarkan pantauan PostKeadilan pejabat sekolah yang diberitakan sangat tampak ketika membanding dan memperhatikan lingkungan serta prestasi yang ditorehkan sekolah dibawah kepemimpinan sang Kepala Sekolahnya, tidak terlihat. Maka sah-sah saja dugaan itu disematkan kepada pejabat sekolahnya.

Tidak demikian terjadi di SMAN 1 Bantul. Lingkungan, Guru dan para Siswanya sering mendapat prestasi, menjuarai perlobaan diberbagai bidang.

Dibawah kepemimpinan Kepala SMAN 1 Bantul Dra.Titi Pratiwi Sariningsih M.Pd, sebagai manejer, sekolah tersebut melahirkan segudang Prestasi.

Wakil Kepala Sekolah Yanti yang ditemui, didampingi
Kepala Tata Usaha Sumida kepada awak media menjabarkan prestasi-prestasi yang diraih sekolah.

“Baru juga sekolah kita mendapatkan Juara 1 Finalis Fiksi tahun 2019 diselenggarakan Direktorat Pembinaan sekolah menengah atas dan Direktorat Jenderal Pendididakan Dasar dan Menegah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ujar Yanti, Selasa (22/10/2019) siang.

Mereka (Yanti dan Sumida) perlihatkan data prestasi siswa yang dimaksud.

Perlombaan penulisan Fiksi diselenggarakan pada hari Minggu ( 6/10/2019) di Harris Hotel and Conventions Kota Bandung. Fiksi itu dengan judul: “Pengaruh Ekstrak Kulit Melinjo (Genetum Gnemon) Terhadap Kematian Larva nyamuk Aedes Aegypti” yang ditulis dan dimenangkan oleh Amanda Gita Arsani dan Dhila Riyanita Putri.

Selain itu, lanjut Yanti. Siswanya yang lain mendapat juara ke 2 LCC 4 Pilar MPR, diselanggarakan Lembaga Tinggi MPR tahun 2019. Kemudian jadi Pembicara Terbaik Lomba Debat Dinas Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul, dan sebagainya.

Hal lingkungan sekolah. Sumida menambahkan sekolahannya mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri Sekolah Sehat. “Kita Juara 1 Tingkat Nasional. Dari tingkat Kabupaten Bantul dan Tingkat Propinsi, kita mendapatkan Penghargaa Adiwiyata,” bebernya.

Sedemikian dengan prestasi para pendidik SMAN 1 Bantul. Sumida sebut Prestasi Guru SMA N 1 Bantul, Sutrisno Mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karyasatya XX dari Presiden RI Jokowi. Sutrisno juga mendapatkan Penghargaan atas Prestasi Lulusan Tercepat dan Cumlaude S2 MM dari UGM Yogyakarta.

Lalu Endang Istyawati, Mendapat Penghargaan Medali Tingkat Nasional dari Kemendikbud.

“Guru SMAN 1 Bantul juga pernah menjuarai Olimpiade Matematika Guru ditingkat Nasional,” timpal Yanti.

Menurut Yanti, kesemua berkat motivasi sang Kepala Sekolah Titi Pratiwi Sariningsih yang menjabat sejak tahun 2013 hingga kini, sesuai Visi dan Misi SMAN 1 Bantul.

Visi : Berprestasi,Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan

Misi : 1.Melaksanakan Pembelajaran, Pembimbingan dan Pelayanan secara Berkualitas. 2.Menumbuh Kembangkan Karakter dan Budaya Bangsa dan 3.Meningkatkan Kecintaan dan Kepedulian Terhadap Lingkungan.

“Ibu Kepala Sekolah punya motto, Bersama Kita Membangun, Bersama Kita Pasti Bisa,” tutupnya. (Hardi/Rico)

banner 468x60

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SMAN 1 Bantul Toreh Segudang Prestasi