Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
AdvertorialHeadline NewsHukrim

Film Komedi “Tulang Belulang Tulang” Karya Sammaria Sari Simanjuntak Mulai Produksi

56
×

Film Komedi “Tulang Belulang Tulang” Karya Sammaria Sari Simanjuntak Mulai Produksi

Sebarkan artikel ini

Humbahas PostKeadilan. Film Panjang komedi berjudul “Tulang Belulang Tulang” mulai diproduksi pada awal bulan Mei 2023. Film “Tulang Belulang Tulang” merupakan film karya Sammaria Sari Simanjuntak dan Lies Nanci Supangkat yang diproduksi oleh Adhya Pictures dan Pomp Films serta didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Kemendikbudristek. Acara media gathering syuting perdana film ini dilaksanakan di Coffee Hotel Ayola Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas (Sumut) Selasa, (09/05/2023).

Dalam acara media gathering, Sammaria Sari Simanjuntak menjelaskan bahwa film “Tulang Belulang Tulang” adalah sebuah cerita menarik tentang budaya adat istiadat suku Batak “Mangongkal Holi” (dibaca : Mangokkal Holi) adat istiadat kebanggaan Batak yaitu merupakan uapacara adat Batak. Upacara adat Batak ini dilakukan dengan membongkar kembali makam (Udean) leluhur untuk mengumpulkan sisa sisa Tulang Belulang (Holi-holi) dan memindahkannya ke bangunan Tugu (Simin).

Example 300x600

“Saya Batak yang lahir di Bandung, Ide film “Tulang Belulang Tulang” ini terinspirasi dari kejadian sehari-hari dikeluarga kami, saya melihat budaya Mengokkal Holi sebenarnya sisi baiknya sangat banyak sekali, mempererat ikatan kekeluargaan, mengenal kampung halaman dan betapa indahnya Danau Toba. Dan sisi lain memberatkan juga karena upacara ini adalah merupakan kebanggaan keluarga, sehingga tidak melaksanakan upacara itu dengan kecil, berusaha harus besar, kadang-kadang saya melihat hilangnya esensinya atau makna yang Indah sebenarnya dari mangokkal Holi itu.”jelas Sammaria Sari Simanjuntak dalam acara Media Gathering tersebut.

Sammaria Sari juga menjelaskan bahwa dalam film “Tulang Belulang Tulang” untuk mengingatkan kembali bahwa membuat Tugu (Simin) adalah usaha untuk membuat untuk diingat orang, dan tidak dilupakan. Namun menurutnya hal yang paling penting adalah apa yang kita ingat.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.