Banjir Bandang Terjang Kecamatan Sukawening Garut, Puluhan Rumah Warga Rusak Parah

Garut – Jabar. POSTKEADILAN Banjir bandang menerjang perkampungan warga di Karangtengah dan Sukawening, Garut, Sabtu (27/11/2021) Akibat terjangan banjir bandang tersebut, puluhan rumah warga dan fasilitas umum dikabarkan mengalami kerusakan tergenang dan sejumlah kendaraan dilaporkan terseret arus.

Banjir bandang terjadi Sabtu sore sekitar pukul 15.00 wib, volume air mulai memasuki perkampungan Karang Tengah, juga menerjang kawasan Cintamanik dan Kecatamatan Sukawening Kabupaten Garut Jabar.

Bacaan Lainnya

Baca Juga :Dukung Vaksinasi Nasional, Jajaran Polsek Cikampek Sasar Pelajar SMP

Berdasarkan laporan sementara oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, akibat terjangan banjir bandang tersebut, selain rumah warga yang mengalami kerusakan, sejumlah fasilitas umum juga ikut terendam banjir bandang di Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut.

Kasie Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Hadi Rahmat, dalam keterangannya menjelaskan kepada awak media, satu unit rumah warga rusak berat, satu unit rumah warga rusak sedang, dan 21 unit rumah warga rusak ringan.

Selain rumah tinggal warga dan fasilitas umum, satu unit tempat Ibadah juga terendam banjir, dua sarana Pendidikan juga fasilitas Kesehatan ikut terendam di terjang banjir bandang tersebut.

Lanjut Hadi dalam keterangannya, 60 unit kolam terendam, dua fasilitas umum rusak berat, gardu listrik rusak berat dan akses jalan jembatan penghubung Desa terendam hingga ketinggian 150 sentimeter,”Ucapnya.

Akibat bencana banjir bandang ini, mengakibatkan 105 jiwa warga Kecamatan Sukawening dan Kampung Karangtengah terdampak oleh banjir bandang, dan mereka saat telah mengungsi ketempat saudara-saudaranya,”katanya.

Untuk saat ini, adapun kebutuhan mendesak bagi masyarakat Sukawening yang terdampak banjir adalah, sembilan bahan pokok (Sembako), Sandang, alat kebersihan, perlengkapan sekolah dan perlengkapan dapur,”papar Hadi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, apakah ada korban jiwa akibat terjangan banjir bandang tersebut.(Christ/ team jabar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Komentar