oleh

Ketua PKK dan Dinas PPMD PA Kabupaten Toba supervisi dan monitoring di desa Pangombusan Kecamatan Parmaksian.

Toba — Postkeadilan Di kantor desa Pangombusan diadakan kegiatan supervisi mengenai kegiatan desa selama satu tahun dan monitoring desa ikut serta dalam ajang sebagai salah satu desa binaan pelaksana Iva test kecamatan Parmaksian kabupaten Toba tahun 2021. Kamis (16/9/2021).

Kegiatan tersebut diawali dengan kata sambutan selamat datang dari BPD pangombusan Romauly sibuea dan penjelasan umum kegiatan desa tahun 2021 oleh kepala desa pangombusan Hardi manurung dan perangkat perangkatnya.

banner 400x130

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu Risma sitorus dari dinas PPMDPA beserta rombongan dan ketua PKK Toba ibu Ny Rita marlina poltak sitorus br sitinjak beserta ketua ketua pokja kabupaten toba.camat parmaksian Paiman butar butar dan ketua PKK kecamatan Ny Riris paiman butar butar beserta Kepala puskesmas juga turut hadir.

Baca Juga : PT TPL pastikan seluruh pekerja Telah Terdaftar di Jamsostek Ketenagakerjaan

Dalam kesempatan tersebut Ibu Risma sitorus menyampaikan dalam supervisinya bahwa laporan yang diberikan dalam supervisi kali ini sudah baik,tetapi masih ada hal lain yang perlu dibenahi lagi . Seperti foto foto kegiatan yang sesuai dan waktu pelaksanaanya agar lebih terperinci dan mudah dipahami ujar beliau.

Ketua PKK Toba ny Rita marlina Poltak sitorus br sitinjak juga menyampaikan antusias pada ibu ibu PKK desa Pangombusan , Lansia dan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

Beliau menjelaskan bahwa kesehatan itu sangat perlu apa lagi dengan kaum perempuan.penyakit yg paling mematikan setelah kanker payudara adalah kanker serviks.karna itulah kegiatan ini berjalan didesa pangombusan sebagai salah satu desa pelaksana Iva test.

” Kegiatan ini bukan hanya intuk diperlombakan dan mendapatkan kemenangan,tetapi lebih utamakan kesadaran untuk sehat dan mendeteksi secepatnya penyakit kanker serviks ini.” ujar beliau.

” Bapak bapak juga diharapkan untuk memotivasi para istri melakukan test Iva.”.

Beliau juga menyampaikan selain perlu menjaga kesehatan istrhat dan olahraga cukup,menjaga kebersihan diri, dan mengkonsumsi makanan bergizi dalam pencegahan penyakit ini, masyarakat juga diajak menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan mengumpulkan sampah plastik ketempat yang ditentukan.

Dimana selain bersih sampah plastik memiliki nilai ekonomis dan mengurangi polusi lingkungan. Apa lagi dengan adanya bank  sampah di desa lain dan dapat menggerakkan program TARHILALA dari pemerintah kabupaten Toba, tambah beliau.

Camat Parmaksian Paiman butar butar menambahkan bahwa tidak ada larangan membuat kegiatan, asal sesuai dengan protokol kesehatan. karna menurut beliau selama dilaksanakan PPKM , angka tertular covid 19 menurun.diharapkan akan semakin menurun ditambah sudah adanya vaksin sehingga kita bisa melakukan kegiatan masing masing dengan baik.
Semoga Tuhan memberkati kita ujar beliau.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan membagikan goni dan foto bersama.

Diharapkan goni tersebut bisa untuk penampungan sampah plastik ditiap rumah tangga,dan dapat dijual ke bank sampah terdekat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed