Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
BogorHeadline Newspendidikan

Misteri Laut Nusantara Serta Aktivitas Maritim Lainnya Dapat Diungkap Dengan Ilmu Oseanografi

12
×

Misteri Laut Nusantara Serta Aktivitas Maritim Lainnya Dapat Diungkap Dengan Ilmu Oseanografi

Sebarkan artikel ini

Postkeadilan | Bogor, Prof Agus S Atmadipoera, Guru Besar IPB University mengatakan, ilmu oseanografi dapat mengungkap misteri laut di nusantara, salah satunya menentukan waktu panen ikan. Hal tersebut disampaikannya kepada awak media saat saat Konferensi Pers Pra Orasi Ilmiah Guru Besar, (25/5) secara daring.

Lebih lanjut, ia mengatakan berbagai fenomena oseanografi penting yang terjadi di Laut Kepulauan Nusantara (LKN) tersebut berdampak secara langsung terhadap cuaca, ekosistem dan sumber daya perikanan, serta aktivitas maritim lainnya.

Example 300x600

“Oseanografi LKN merupakan kajian ilmiah multidisiplin dengan melibatkan penggunaan teknologi dan metode maju untuk mengungkap berbagai aspek laut, termasuk proses fisik dan dinamika sirkulasi laut, ekosistem, serta interaksi laut-atmosfernya,” ujarnya.

Dalam kajiannya, Prof Agus mengungkapkan Laut Jawa pada periode Desember-Februari terbentuk arus yang umumnya mengalir ke arah timur. Ternyata arus ini juga mengendalikan ruaya/migrasi ikan pelagis kecil dominan yang suka hidup di salinitas cukup rendah, seperti ikan siro.

“Sementara periode Juni-Agustus, arus musim mengalir ke arah barat dan mengganti dengan air bersalinitas cukup tinggi dari Makassar. Pergerakan arus ini diikuti oleh ruaya ikan kembung laki-laki, ikan tembang dan ikan laying yang dominan pada musim ini,” tambahnya.

Pola ruaya ikan tersebut, kata dia, terbukti dari pola pergeseran posisi kapal-kapal penangkapan ikan yang terdeteksi oleh satelit Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS).

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.