oleh

Bupati Hadiri Pengukuhan Haji Karno Menjadi Ketua FBPD Kab Bekasi

Bupati Bekasi H. Eka didampingi Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida menghadiri pengukuhkan dan serah terima jabatan Forum Badan Permusyawaratan Desa (FBPD) periode 2019 s/d 2024 di Gedung Wibawamukti, Rabu (27/8/ 2019).

Dalam arahannya, Bupati Eka menegaskan bahwa BPD harus jadi motivator Pembangunan Desa dan harus mampu bekerjasama dengan Kepala Desa dalam membangkitkan roda pemerintah desa yang lebih baik.

“Bangun negeri ini sama-sama, Karena BPD merupakan wujud absolut dari pada warga Desa. DPR-nya Desa, juga MPR-nya Desa yang berkedudukan sejajar dengan Kepala Desa, cuma jabatannya beda. BPD sebagai legislator sedangkan kepala Desa sebagai eksekutor pelaksana dari aturan yang bapak-bapak, sepakati dengan Kepala Desa,” ujar Eka..

Sambung Eka, dengan terbentuknya Forum BPD ini dapat terus menjalin sinergisitas dengan Pemerintah Daerah, instansi terkait terutama yang ada di Desa, ditambah lagi dengan Asosiasi Pemerintah Desa.

“Kita harus berperan dalam hidup ini, kalau tidak jadi motivator jangan jadi provokator. Kita hadir untuk orang lain. Karena sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain,” ajak Bupati.

Ketua Umum Forum BPD Kab.Bekasi H.Karno dalam sambutanya sebut Forum BPD berdiri pada tahun 2015 dan aktif dalam memulai kegiatan pada tahun 2016. Ia juga memaparkan dasar pembentukan forum ini adalah untuk wadah menjalin silaturahmi antar Ketua BPD se-Kabupaten Bekasi serta sebagai ajang tukar pikiran antar Ketua BPD se-Kabupaten Bekasi.

“Forum BPD ini mudah-mudahan menjadi momentum kelanjutan BPD Kabupaten Bekasi untuk ikut bagian dalam membangun Kabupaten Bekasi kedepannya,” tutur Karno.

Penelusuran PostKeadilan, dalam perjalanan karier Karno berawal terpilih menjadi Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sumberjaya – Kecamatan Tambun Selatan. Kemudian juga terpilih menjadi Ketua Forum BPD (F-BPD) tingkat Kecamatan Tambun Selatan. Pada akhirnya dipercaya dan didapuk menjadi Ketua F-BPD tingkat Kabupaten Bekasi dalam Musda IV di Jawa Barat beberapa waktu yang lalu.
Dan bertempat di Gedung Wibawa Mukti Cikarang Pusat, H. Karno, dikukuhkan sebagai Ketua Forum BPD tingkat Kabupaten Bekasi periode 2019-2025, Rabu (28/8/2019).
Hadir dalam acara pengukuhan, Bupati Bekasi, Dinas PMD, Forpimda, MUI, Karang Taruna dan perwakilan BPD se-Kabupaten Bekasi.
Ketua terpilih, H. Karno, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. “Mohon suport dari semua rekan, elemen serta para stakeholder dalam menjalankan kepengurusan F-BPD tingkat Kabupaten Bekasi. Ini amanah dan sebuah kehormatan bagi saya. Tanpa dukungan dari rekan-rekan semua, saya tidak akan bisa berbuat apa-apa,” ucapnya.
Ia berjanji BPD ke depan akan membangun jalinan komunikasi yang lebih intens demi tercipta sinergitas dan kerja sama yang baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.
“Sesuai dengan tema kita, yakni meningkatkan peran serta BPD dalam pembangunan desa menuju Bekasi Baru Bekasi Bersih,” imbuhnya.
Dirinya, juga menghimbau dan berharap kepada seluruh BPD Kabupaten Bekasi, untuk bersatu dan berperan lebih aktif sesuai tupoksi dan perundang-undangan yang berlaku.
“BPD akan terus berusaha membangun kerjasama dan menjaga kekompakan secara proforsional dengan para pihak, utamanya Kepala Desa. Ini akan kita lakukan demi BPD yang bermartabat dan berwibawa,” pungkasnya. (Lenny/George)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed