oleh

Secara Transparan, Kepala Desa Simatibung Bagikan BLT Kepada 107 KK

Toba, PostKeadilan – Sesuai arahan Bupati Toba, Darwin Siagian, Pemerintah Desa Simatibung, Kecamatan Laguboti membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara transparan.

Pemberian BLT kepada 107 Kepala keluarga (KK) dari delapan dusun yang ada di Desa Simatibung, langsung diserahkan Kepala Desa (Kades), A. Bastian Hutahaean di gedung sekolah minggu HKBP Hutahaean, Rabu (20/5/2020).

Dalam acara penyerahan, hadir Bupati Toba yang diwakili kadis Ketapang Marsarasi Simajuntak, sekdis PMD Melati Silalahi, Camat Laguboti Pintor Pangaribuan SH, Kapolsek laguboti dan beberapa staf lainnya.

Sebelum penyerahan BLT tersebut, Marsarasi simajuntak yang mewakili Bupati Toba Menghimbau masyarakat, ditengah wabah covid 19 yang melanda belahan Dunia agar tetap meningkatkan produksi pertanian. “Tetap jaga kesehatan serta mengikuti instruksi pemerintah dalam memutus penyebaran virus tersebut,” ujar Marsarasi.

Pada kesempatan yang sama, Bastian secara terbuka mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari Dana Desa sebagaimana yang diintruksikan Pemerintah pusat.

“Selanjutnya arahan pak Bupati, BLT Desa diperuntukkan untuk warga masyarakat tidak mampu. Dalam pendataan kita, ada 107 KK yang tidak mampu yang kita data. Semua kan mendapatkan hak-haknya,” kata Bastian.

Lebih jauh Bastian mengatakan bahwa BLT yang dibagikan sekarang ini bersumber dari 30% Dana Desa. “Untuk dikucurkan Kepada penerima dalam tiga tahap. Setiap tahapnya warga mendapatkan bantuan sebesar Rp,600,000,-/bulannya selama tiga bulan terhitung dari April, Mei dan Juni,” bebernya.

Kepada PostKeadilan, Bastian mengaku bahwa semua penerimanya sudah diseleksi jauh-jauh hari sesuai arahan dari pemerintah.

“Dan tidak ada tebang pilih dalam penerimaan BLT ini. Walaupun bukan pemilih saya, tetap dapat,” tegas Kepala Desa yang baru menjabat beberapa bulan ini.

Tempat terpisah, Kepala Dusun Patuan, Frengki sebut bagi warga yang tidak hadir di gedung tersebut, kepala desa Simatibung dan perangkat desa bersama pihak Polsek Laguboti menghantarkan langsung kerumah masing masing penerima BLT,” ungkapnya.

Pantauan awak media ini, Bastian langsung turun ke lapangan dalam penyerahan Dana BLT warganya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed