banner 728x250

Sosialisasi Inovasi Bucin Rematri di SMA N 1 Doloksanggul Disambut Baik Oleh Kepala Sekolah

HUMBAHAS POSTKEADILAN Pencegahan dini Stanting UPTD Puskesmas saitnihuta kecamatan Dolok Sanggul mengadakan kegiatan Sosialisasi Inovasi “Bucin Rematri” di SMA Negeri 1 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumut Selasa (21/02/23).

Kepala SMAN 1 Doloksanggul Panutur Simorangkir menyambut baik acara pelaksanaan pencegahan dini stunting dan penandatangan MOU (kerjasama).

Disisi lain Kapus UPTD Puskesmas Saitnihuta Delina Siburian ,S Kep, Ners.M.K.M menyatakan terlaksananya program tersebut didukung keluarga besar SMAN 1 Doloksanggul untuk pemeriksaan Hemoglobin darah pada remaja putri kelas X dengan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengetahui remaja putri yang beresiko mengalami anemia.

Jika hasil pemeriksaan Hb nya didapatkan kategori ringan, akan diberikan tindak lanjut seperti pemberian TTD untuk diminum 1×1 hari, dan kategori sedang tindak lanjutnya 2×1 hari di follow up 2-4 minggu.

Bila tidak membaik dalam waktu 4 minggu atau kondisi anemia semakin berat bisa di rujuk ke RS ( rumah sakit ) dan apabila ada kategori ke 3 yaitu berat tindak lanjutnya akan segera di rujuk ke Fasyankes tingkat Lanjut seperti RS.

“Selain pemberian tablet tambah darah (TTD) petugas juga memberikan edukasi agar remaja putri makan makanan bergizi dan juga pada pelaksanaan screening perilaku merokok bagi anak usia sekolah dan skoring by deteksi dini masalah emosi dan perilaku pada siswa/i kelas X SMA Negeri 1 Doloksanggul” ujarnya.

Hadir dalam acara kapus Saitnihuta dan rombongan,kepala S.M.A dan para guru,serta siswa-siswi kelas X ,acara berjalan dengan sukses.

153 Views
Baca Juga :  Pengerasan Jalan Perkebunan Yang Bersumber Dari Dinas Pertanian Humbahas Diapresiasi Warga Setempat
Penulis: Josapat SEditor: Redaksi Postkeadilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Peringatan: Pemilihan konten dinonaktifkan!!