4 Kali Berturut-Turut, Kabupaten Toba Meraih Predikat WTP

Toba, PostKeadilan – Bupati Kabupaten Toba, Ir. Darwin Siagian menggelar konfrensi pers di depan Kantor Bupati Kab. Toba, Jumat (17/4/2020) pagi.

Hadir Inspektur Wallen Hutahaean, Ketua DPRD Efendi Sp Napitupulu, Kadis Kominfo, Kepala BPKAD Ganyang Situmorang dan jajaran pegawai Pemkab lainnya.

Bacaan Lainnya

Darwin Siagian mengatakan kembali meraih predikat WTP untuk laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) dari BPK provsu. “Hal itu sebagai bukti bahwa Pemkab Toba sudah tercapai dalam pengelolaan keuangan,” katanya.

Perwakilan provsu telah memberikan hasil audit mereka terhadap hasil pelaksanaan kegiatan Pemkab Toba di tahun 2019.

Bupati juga menjelaskan laporan keuangan pemerintah Kab. Toba sudah jelas sesuai dengan standar akutansi pemerintah. “Itu bisa disebut SAP bahwa sistem pengendalian internal (SPI) sudah efektif dan maksimal. Seperti pengungkapan informasi bukti-bukti pengeluaran. Apa bila tim meminta sudah bisa kita sajikan dengan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun begitu kita kan lebih menyempurnakannya ke depan agar lebih baik lagi.

Atas dasar itu lanjut bupati. BPK berkesimpulan berupa tambahan informasi bahwa laporan keuangan pemkab toba disampaikan ke BPK tepat waktu dan bahkan lebih cepat. Berdasarkan undang-undang bahwa laporan keuangan pemerintah daerah harus diserahkan ke BPK paling lambat pada tanggal 31 Maret setiap tahun.

“Untuk tahun ini bisa kita sampaikan tanggal 20 Februari 2020. Pemkab Toba tercepat ketiga di Provinsi Sumut setelah kabupaten Asahan dan Kota Madya Siantar,” jelas Darwin.

Beberapa temuan kata Bupati masih harus ditindak lanjuti kurang lebih 60 hari. “Kan tetapi BPK sudah mengambil kesimpulan bahwa laporan keuangan tobba tahun 2019 diberikan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).
Tahun lalu 2019 karena kita WTP tiga kali kita berikan dana insentif daerah sebesar Rp. 42 milliar oleh menteri keuangan RI. Jadi WTP ke 4 kita berharap di tahun 2021 bisa bertambah,” harap Darwin.

Pemkab Toba sudah 4 tahun berturut-turut mendapat predikat WTP sejak 2017 sampai 2020. Prestasi WTP bukanlah hal yang mudah diraih itu, wujud kerjasama seluruh organisasi perangkat daerah dalam pertanggung jawaban laporan keuangan selama ini.

Disisi lain Bupati berharap agar tahun 2020 ini dapat meningkatkan kinerja dalam pelayanan anggaran yg digunakan dan dapat terserap dengan baik diimbangi dengan laporan keuangan secara optimal.

Ia (Bupati) menyampaikan terimakasih kepada DPRD Kab. Toba. “Terimakasih juga buat rekan-rekan dewan atas kerjasamanya selama ini,” pungkasnya.(J.Sinaga)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.