oleh

AMPHIBI BAHAS HARI AIR DUNIA XXIX & HPSN 2021 BERSAMA DITJEN PPKL KLHK

Jakarta- Postkeadilan Aliansi Masyrakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3  Indonesia (Amphibi) untuk memasuki 5 tahun akan melakukan konsentrasi manajemen pohon dan manajemen sampah.
Kedua sistem manajemen tersebut akan melibatkan masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah.
Salah satunya adalah rencana Aksi Bersih Sungai Deli dalam rangkaian Hari Air Dunia XXVII kerjasama Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) dengan  Amphibi yang tertunda di tahun 2020.
Untuk melanjutkan program yang tertunda tersebut Amphibi melakukan rapat koordinasi bersama Ditjen Ppkl Klhk di lantai 4 gedung kebon nanas jakarta timur pada,
Senin (25/01/2021).

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut ketua umum Amphibi Agus Salim Tanjung So,Si didampingi Sekretaris II Diajeng W.I Ariswanty dan Humas /investigasi Armen Erwinson.

banner 400x130

Sementara dari Ditjen PPKL Klhk dipimpin langsung oleh MR. Karliansyah Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan yang didampingi Direktur Pengendalian Pencemaran Air (Dir. PPA) Luckmi Purwandari, S.T., M.Si.,

Dalam rapat terbatas tersebut ketua umum Amphibi Agus Salim Tanjung So,Si memaparkan beberapa perkembangan dilokasi rencana Aksi Bersih Sungai Deli dalam rangkaian Hari Air Dunia XXVIII yang tertunda di bulan maret 2020 tahun lalu karena Pandemi Covid 19.

Dirinya menyampaikan kepada Dirjen Ppkl bahwa Amphibi tetap akan melaksanakan Peringatan Hari Air Dunia XXIX 2021 dilokasi tersebut pada bulan maret 2021..

“saat ini sudah terbentuk wadah Amphibi Sungai Deli yang beranggotakan masyarakat setempat.
Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II.
Mudah mudahan dalam waktu dekat ini BWS Sumatera II akan  menurunkan kubus apung penjaring sampah di lokasi tersebut jl. Dt.rubiah rengas pulau

Selain kubus apung,  Bwss II juga telah menyediakan lahan seluas 2 hektar untuk lokasi pengelolaan sampah yang terjaring dari sungai deli, “papar Agus ST.

Lanjutnya,
“kami berharap pak Dirjen Ppkl Klhk bisa turun langsung untuk Aksi Bersih Sungai di Hari Air Dunia 2021 bulan maret nanti di sungai deli.
Sekaligus melihat langsung permasalahan sampah dan ikut memikirkan solusi pengelolaannya dengan pengadaan mesin dengan teknologi terbarukan, “ujarnya. .

Disamping itu Agus Salim Tanjung juga menyampaikan keberhasilan Amphibi dalam uji coba penanaman Mangrove di wadah air lindi Tpa Bantar Gebang yang didaftarkan ke Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

“tadi pagi saya mendapatkan telepon dari pihak MURI bahwa mereka sangat  apresiasi terkait pemindahan pohon mangrove dari muara atau pantai ke darat(TPSA).
Hanya ada administrasi yang dibutuhkan MURI dari Kementerian LHK.
mohon kiranya dapat dibantu ya pak Dirjen, “ucap Agus ST.

Menjawab pemaparan dan pertanyaan dari ketua umum Amphibi,  Direktur Jenderal Ppkl MR.Karliansyah menyatakan bahwa untuk aksi bersih sungai deli dalam rangkaian Hari Air Dunia pada prinsipnya kami siap,
“hanya permasalahannya saat ini PSBB sedang diperketat.
Ditambah lagi kami mendapat tugas untuk fokus ke bencana Kalsel, “ucap MR.Karliansyah.

Dia juga mengatakan bahwa untuk pengadaan mesin pengelolaan sampah dan pendukung lainnya nanti bisa dibantu direktur PPA Luckmi Purwandari, S.T., M.Si.,untuk mengkawinian program CSR perusahaan yang menuju Proper Emas, mungkin Pertamina, Pln atau yang bisa kita arahkan kesana “ujar Mr.Karliansyah yang juga selaku ketua team Penilaian Proper Kementerian LHK.

Terkait apa yang sudah di persiapkan tahun lalu seperti T. Shirt Aksi Bersih Sungai Deli silahkan dipakai.
Kalau memang perlu untuk aksi lainnya kami siap kok mensuport lagi, “ucapnya.

Untuk rencana aksi Amphibi di Hari Peduli Sampah Nasional  (HPSN) 2021 yang akan dilakukan di TPA Bantar Gebang itu ranahnya sebelah, tapi kalau ada yang berkaitan dengan Ditjen PPKL nanti dibantu prosesnya dengan bu Luckmi Purwandari, S.T., M.Si., termasuk rencana Penanaman Mangrove di TPA yang akan masuk Rekor MURI, “tutup MR.Karliansyah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed