Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline NewsHumbahas

Bupati Humbahas Buka Pelayanan Cuci Darah di RSUD Doloksanggul

6
×

Bupati Humbahas Buka Pelayanan Cuci Darah di RSUD Doloksanggul

Sebarkan artikel ini

HUMBAHAS POSTKEADILAN Pelayanan Hemodialisa (HD) atau disebut Cuci Darah telah resmi dibuka oleh Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor di Badan Layanan Umum (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul, pada hari Selasa (31/1/2023) kemarin.
Pada saat peresmian tersebut, layanan untuk HD telah menerima 2 orang pasien asal Kabupaten Humbahas yang selama ini melakukan cuci darah diluar Humbahas, kedua orang pasien tersebut terlihat sumringah saat disambangi oleh Bupati Humbahas.

Kedua pasien bernama R. Situmorang asal Kecamatan Doloksanggul dan Ny. Simbolon asal Kecamatan Pakkat mengaku sangat senang karena pelayanan HD telah dibuka di RSUD Doloksanggul.

Example 300x600

Mereka mengaku terbantu akan beban biaya perjalanan dan makan saat melakukan cuci darah ke luar Humbahas, tepatnya ke Kabupaten tetangga Tapanuli Utara.

“Saya sudah 9 tahun menjalani cuci darah dan itu saya lakukan sekali seminggu, selama ini saya ke RSUD Tarutung untuk HD, tentunya memakan biaya yang tidak sedikit hanya untuk perjalanan dan makan, setidaknya keluar uang 150 sampai 200 ribu sekali berangkat,” ujar R. Situmorang kepada Dosmar saat dikunjungi.

Senada dengan Situmorang, Ny. Simbolon juga merasa beban biaya ongkos dan lainnya untuk melakukan HD diluar Humbahas bisa terbantu dengan dibukanya pelayanan HD di RSUD milik Pemkab Humbahas itu.

“Kalau saya Pak sudah 10 tahun menjalani HD, sama seperti Bapak itu (R. Situmorang), sekali berangkat juga untuk saya sendiri sekitar 150 sampai 200 ribu, belum lagi harus ditemani suami, biayanya bisa nambah lagi,” ungkap Ny. Simbolon.

Pada kesempatan itu, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor memberikan bingkisan souvenir untuk kedua pasien tersebut, seraya meminta kepada mereka untuk tetap berjuang, berdoa dan bertahan serta mematuhi pola hidup sehat yang dianjurkan oleh dokter.

Dosmar juga berharap, dengan dibukanya Pelayanan HD di Dolok Sanggul, dapat meringankan sedikit beban dari para pasien terkhususnya penderita gagal ginjal yang ada di Kabupaten Humbahas.

“Bapak dan Ibu disini tetaplah berjuang, berdoa dan turuti apa kata Dokter tentang pola hidup yang harus dijaga, pelayanan ini semoga bisa untuk meringankan sedikit yang awalnya Bapak dan Ibu harus keluar ongkos banyak pergi keluar Humbahas, sekarang sudah bisa disini (HD), dengan kualitas pelayanan dan standar yang sama dengan yang diluar,” ucap Dosmar.

Untuk diketahui, Pelayanan Hemodialisa atau cuci darah dan CT Scan telah tersedia di RSUD Dolok Sanggul, hal itu setelah diresmikannya gedung dan pelayanan tersebut pada Selasa (31/1/2023) kemarin oleh Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.