banner 728x250

IPM di Humbahas meningkat Mulai dari Tahun 2010 sampai dengan Tahun 2022.

HUMBAHAS POSTKEADILAN “Indeks Pembangunan Manusia” (IPM) di Kabupaten Humbang Hasundutan menunjukkan tren meningkat Mulai dari Tahun 2010 sampai dengan Tahun 2022.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Humbang Hasundutan 2022 mencapai 70,32 jika dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar 69,41, yaitu naik 0,91 poin atau meningkat 1,3 %. Dalam periode Tahun 2022, IPM Humbang Hasundutan naik tingkat dari status Sedang ke “Tinggi” yaitu antara 70≤IPM<80. Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

Kepala BPS Humbang Hasundutan Ir.Rudy Harlon Harian melalui saluran wa senin 13-2 mengatakan tahun 2022 mengalami kenaikan sebesar 1.3% atau 0.91 persen

Lebih lanjut, Rudy Harlon menjelaskan, IPM ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup penduduk di daerah setempat.

Juga didasarkan pada beberapa indikator yakni angka harapan hidup waktu lahir, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran riil per kapita.

“Kalau dari umur harapan hidup itu kan dilihat dari kesehatannya. Kita lihat di 2022 umur harapan hidup yakni 65,30 tahun. Artinya yang lahir di tahun 2022 dihitung akan hidup mencapai rata-rata 65 tahun,” katanya.

Sementara harapan lama sekolah, sambung Rudy Harlon, sebesar 13,66 tahun atau diperkirakan hanya berada pada tingkatan D1. Sedangkan rata-rata lama sekolah yang sudah diemban atau selesai dijalani oleh penduduk di atas 15 tahun, rata-rata hanya 8,68 tahun.

“Tidak sampai tamat SMP kalau kita hitung. Meskipun demikian, harapannya besar. Artinya kemungkinan yang saat ini sedang menempuh sekolah, ia mengharapkan pendidikannya bisa sampai kuliah,” lanjutnya.

Menurut Rudy Harlon, salah satu kemungkinan yang turut membuat rendahnya tingkat IPM dapat disebabkan dari segi ukuran pendidikan yang menyumbang lebih kecil.
“Kemungkinan banyak masyarakat Humbang Hasundutan yang kuliah ke luar daerah, karena kalau dia kuliah di luar Humbang Hasundutan itu tidak dihitung. Konsep ukurannya kan penduduk yang tinggal di Humbang Hasundutan,”
“Indeks Pembangunan Manusia” (IPM) di Kabupaten Humbang Hasundutan menunjukkan tren meningkat Mulai dari Tahun 2010 sampai dengan Tahun 2022.
IPM dibentuk oleh 3 (tiga) dimensi dasar:
1. Umur panjang dan hidup sehat.
2. Pengetahuan.
3. Standar hidup layak.
Selanjutnya dapat dilihat di infografis pungkasnya mengakhiri.

Baca Juga :  Serbuan Obat dan Jamu Herbal Covid-19 Dari TNI Brebes
137 Views
Penulis: Josapat SEditor: Redaksi Postkeadilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Peringatan: Pemilihan konten dinonaktifkan!!