oleh

Kepala Desa Blandongan Kembangkan Budi daya Madu

Brebes Post Keadilan -Bpk. Carsan selaku Kades Desa Blandongan kecamatan Banjarharjo kabupaten Brebes Jawa tengah disela sela kesibukannya, lagi mengawali atau merintis usaha madu Klanceng, sebagai salah satu bentuk inovasi desa dalam menggali potensi desa juga salah satu upaya membangun produk unggulan desa tersebut.

Istilah keren “ngobras gitu”
Ngobrol bersama bapak Kepala Desa Blandongan,,,
disamping kita ngobrol bareng tentang sekilas pembangunan desa, potensi lokal desa juga keluhan dan harapan masyarakat tentang desanya, ..
ketika Wartawan Post Keadilan Rabu 27/ 05 / 2020 mengunjungi rumah pak Kades ,Ada lebah gentayang, mondar mandir disekeliling rumahnya..
Katanya itu lebah penghisap madu di taman, wow,,jadi penasaran nih..
Terus itu bunganya banyak, bagus dan indah..ya itulah,, bunga bunga ditaman yang menarik kumbang kumbang untuk menghisap madunya..he he,,..
salah..lebah Broo..bukan kumbang,,.ujarnya.

banner 400x130

Lebah pekerja yang tugasnya membawa madu untuk makan sang betina, setia bekerja dan tanpa mengenal lelah untuk buah hati tersayang…
Diawali dengan belajar ke daerah Kebumen Jawa Tengah, terus membeli bibit lebah sambil membangun taman bunga sebagai pakan penghasil madu dan makanan lebah, dimulailah rintisan usaha ini.. Membikin kandang dengan model seperti di foto, bisa juga dari bambu, kemudian meletakan koloni lebah dalam kandang, ditempatkan seperti rak atau tempat kandang koloni bersama, baru mereka berkembang. Ada lebah ratu, lebah pekerja, lebah penjaga pintu dan semua bergerak sesuai bagiannya masing masing, uajarnya lagi

lebah pekerja mencari madu bunga ditaman, kemudian mulailah tugas yang lain membikin sarang madu ini. Minimak bisa kelihatan 3 sampai 4 bulan produksi atau panen, hasil nya belum seberapa tapi bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan disela sela kesibukannya bekerja.

Niat dan usaha kecil itu lebih baik daripada tidak sama sekali..
Hiraukan omongan orang dan tetap istigomah berusaha dan belajar…
Bukan hasil tapi proses…
Karena hasil tidak menipu jerih payah usahamu..
Biarlah anjing menggonggong janda tetap berlalu.,he he..serius amat,,?”

Smoga berhasil ya pak, terus belajar dan belajar apa saja untuk menggali potensi desa juga berusaha memakmurkan desa tercinta.

Kenangan di desa Blandongan..
basah kuyup tapi dapat ilmu dan pengalaman, Tetap semangat Membangun Desa^. Pungkasnya . ( Dedi Junaedi / Rismala )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 komentar

News Feed