Program BUMN Hijaukan Indonesia, di Sambut Baik Pemkab Purwakarta

Purwakarta – Postkeadilan. Luas lahan kritis di Indonesia makin lama makin bertambah, berbagai faktor menjadi penyebabnya, terutama faktor alam dan manusia.

Pencegahan lahan kritis telah dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah di berbagai wilayah di Indonesia, pengelolaan lahan marginal telah diupayakan sedemikian rupa agar tetap produktif.

Bacaan Lainnya

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda Penanaman Pohon PJT II dalam Rangka BUMN Hijaukan Indonesia, di Green Belt Ubrug, Jatiluhur, Rabu, 15 Desember 2021, mengatakan lahan kritis perlu diperbaiki agar dapat memberikan manfaat optimal bagi manusia, melalui data persebaran lahan kritis, maka akan dapat dipetakan wilayah mana saja yang perlu diperbaiki atau biasa sebut rehabilitasi lahan.

Peran pemerintah, dalam mengatasi lahan kritis ialah dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung lingkungan, misalnya kebijakan terkait dengan alih fungsi lahan serta penerapannya.

Pemerintah juga wajib untuk mensosialisasikan kebijakan terkait penanggulangan lahan kritis, apabila terdapat pihak-pihak yang masih melakukan pelanggaran seperti illegal logging, tentu sanksi tegas harus dilakukan,” kata Ambu Anne.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.