oleh

PT.TPL terima Kunjungan Kuliah Lapangan mahasiswa /mahasiswi USU dan IPB

TOBA – POSTKEADILAN PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) kembali menyambut dengan hangat para mahasiswa Strata Satu (S1) Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) dan mahasiswa S1 Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berkunjung ke wilayah pabrik perusahaan pada Rabu, 24 November 2021 di Guest House milik PT TPL.

Kunjungan Kuliah Lapangan yang diikuti oleh 9 mahasiswa dan 2 dosen pendamping ini diawali dengan pengenalan dan presentasi singkat dari pihak PT TPL. Antusiasme peserta terlihat jelas ketika mendengarkan penjelasan. Setelah pengenalan singkat, peserta dibawa berkeliling untuk melihat langsung bagaimana proses pembibitan di Nursery utama, dan juga mengunjungi instalasi pengolahan air limbah (IPAL) milik PT TPL.

banner 400x130

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung Program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” (MBKM). Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Adanya konsep belajar merdeka tentunya bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus sebagai upaya untuk mendapatkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas.

Baca Juga : PT. Toba Pulp Lestari Kembali fasilitasi Try Out Masuk SMA Unggul Del Dukungan untuk Dunia Pendidikan

Sejalan dengan program ini, PT TPL hadir berkontribusi untuk dapat mendukung dunia pendidikan, salah satunya dengan menjalin kerjasama antara perusahaan dan perguruan tinggi yang ada di wilayah Sumatera Utara. Hingga pada saat ini, terdapat dua perguruan tinggi swasta yang telah menandatangani Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) Program Merdeka Belajar dengan PT TPL. Kerjasama Program Merdeka Belajar ini juga bertujuan untuk mendukung kesuksesan program Kemendikbud dalam meningkatkan sumber daya manusia.

PT TPL merupakan obyek vital nasional yang beroperasi dalam bidang Hutan Tanaman Industri (HTI) dan pengelolaan hasil hutan tersebut yang berupa kayu akan diproses di pabrik PT TPL sehingga memproduksi bubur kertas atau pulp dan akan di ekspor ke dalam maupun luar negri.

Cand (DR,) Ir. Simon H Sidabukke, M.Si. selaku Advisor PT Toba Pulp Lestari dalam kata sambutannya mengatakan bahwa hal ini merupakan potensi yang baik sebagai pembelajaran bagi mahasiswa untuk bekal dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

“PT TPL menyambut baik dan mendukung pembelajaran akademisi untuk meningkatkan kualitas anak didik. Terlebih untuk mahasiswa Fakultas Kehutanan yang ingin mengetahui proses pengelolaan hasil hutan, PT TPL merupakan tempat yang ideal untuk dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa khususnya mengenai HTI dan juga proses di pabrik perusahaan,” ujar Simon.

Sebelumnya juga melalui virtual meeting, Dekan Fakultas Kehutanan USU Dr. Rudi Hartono, S.Hut, M.Si mengapresiasi atas dukungan PT TPL sehingga terlaksana program kunjungan kuliah lapangan ini.

“Kami berterimakasih atas kesedian PT TPL untuk mendukung Program Merdeka Belajar yang dapat memotivasi mahasiswa. Kami juga mensyukuri keberadaan PT TPL yang menjadi lokasi ideal untuk mempelajari mengenai HTI khususnya untuk mahasiswa kami di Fakultas Kehutanan,” ujar beliau.

Kunjungan Kuliah Lapangan ini merupakan kunjungan perdana dari pihak akademisi dimasa pandemi. Mahasiswa yang hendak berkunjung telah mengikuti test Swab PCR dan juga tetap melaksanakan protokol kesehatan selama berada di wilayah komplek perusahaan. Sepanjang tahun 2019, PT TPL aktif menerima kunjungan dari pihak akademisi sebagai bentuk keterbukaan informasi perusahaan. Tercatat 550 orang dari pihak akademisi telah berkunjung untuk melihat proses operasional PT TPL.

Kunjungan ini merupakan salah satu perwujudan dari key messages yang dimiliki oleh PT TPL, yaitu open and transparent for continuous improvement. PT Toba Pulp Lestari akan selalu membuka komunikasi secara terbuka dan juga transparan agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan terpercaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 komentar

News Feed