banner 728x250

Sejumlah wartwan Toba mengkaji ulang hubungan mutualisme antara PT.TPL dengan masyarakat melalui pemanfaatan daun eucaliptus.

TOBA POSTKEADILAN Pemanfaatan daun eucalyptus menjadi minyak atsiri, dinilai sebagai salah satu solusi dalam mendorong pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya dikawasan Hutan Tanaman Industri (HTI). Sabtu (28/1/2023).

Demikian disampaikan sejumlah Jurnalis Toba dalam acara Silahturahmi Awal Tahun 2023, bersama tim Media Relation PT. Toba Pulp Lestari Tbk (TPL), Sabtu (28/1/2023).

“Kita harus memberi penyadaran kepada masyarakat, bahwa dikawasan Toba terdapat HTI yang ditanamani pohon eucalyptus milik TPL.

Dengan begitu bahan baku daun eucalyptus menjadi minyak atsiri akan semakin gampang didapatkan”, demikian disampaikan Marimbun Marpaung salah satu Jurnalis dihadapan tim Media Relation TPL.

Menurutnya sudah saatnya Jurnalis memberikan edukasi kepada masyarakat, yang nantinya akan memberi peluang baru dan pertambahan nilai ekonomi keluarga.

Marimbun mengatakan konsep dan langkah awal kegiatan penyulingan minyak atsiri eucalyptus, dilakukan melalui study banding ke daerah Deli Serdang Sumatera Utara, untuk melihat bagaimana proses pembuatan minyak atsiri.

“Kita harapkan program ini bisa cepat berjalan untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat, dalam pengelolaan minyak atsiri eucalyptus,”, katanya.

Pintor Sitorus salah satu dari jurnalis Toba lainnya juga memberikan perhatian serius, dalam program penyulingan daun eucalyptus menjadi minyak atsiri.

Menurutnya produk ini memiliki nilai dan pangsa pasar yang baik.

Bahkan minyak atsiri eucalyptus sudah digunakan sejumlah perusahaan untuk menghasilkan produk yang dikonsumsi masyarakat.

Pintor Sitorus mencontohan sejumlah produk seperti fresh care, minyak telon dan hand sanitizer spray telah menggunakan minyak eucalyptus, sebagai aromatraphy untuk kesehatan dan kesegaran tubuh.

โ€œBila nanti program ini berjalan dan menghasilkan minyak eucalyptus terbaik dari penyulingan minyak atsirinya, maka jurnalis akan menawarkan kerjasama dengan berbagai perusahaan penghasil produk kesehatan, sehingga minyak atsiri eucalyptus yang dihasilkan dari masyarakat dapat disalurkan kepada perusahaan yang membutuhkanโ€, terang Pintor Sitorus di Kabiro Post Keadilan Toba Roma sibuea juga menambahkan,”mengingat PT.TPL juga butuh bahan baku eucalyptus secara berkesinambungan seharusnya memang hubungan mutualisme atau saling menguntungkan itu harus dibina. PT.TPL mendapatkan kayu dan masyarakat memanfaatkan daun untuk penambahan ekonomi keluarga.

Baca Juga :  Upaya Penegakan Protokoler Kesehatan AKB di Wilayah Larangan Brebes
176 Views
Penulis: Roma SEditor: Redaksi Postkeadilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Peringatan: Pemilihan konten dinonaktifkan!!