CBS Foundation Canangkan Penghijauan DAS Kali CBL

CBLBekasi, PostKeadilan – Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati pada hari Minggu  pada tanggal 5 Juni 2016, CBS Foundatioan mencanangkan penghijauan di  berlokasi di Bantaran Kali CBL (Cikarang Bekasi Laut)  wilayah  Desa Sumber Jaya  Kecamatan  Tambun Selatan  Kabupaten Bekasi.

Pencanangan kegiatan ini menyusul sukses CBS Foundation yang telah meluncurkan sebuah buku jurnal investigatif berjudul “DERITA X CBL” beberapa waktu lalu, di Hotel Sakura Park Kota Delta Mas Cikarang Pusat.

Bacaan Lainnya

Menurut Direktur Eksekutif CBS Foundatioan, Atjep Wahyu, SSi, bahwa momen ini hanya sebagai tonggak dimulainya penghijauan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali CBL yang sudah sangat tercemar baik dari sisi pencemaran sampah rumah tangga, limbah industri maupun limbah tinja yang dibuang langsung ke kali CBL.

Atjep yang jebolan Universitas Padjadjaran Bandung ini, mengungkapkan bahwa CBS Faoundtiaon akan menyelenggarakan ‘event’ penghijauan besar-besaran di sepanjang kali CBL pada 15-17  Agustus mendatang, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke 66 dan HUT Republik Indonesai ke 71.

Ada 10 jenis pohon yang akan ditanam sepanjang 32 km, Kali CBL dengan berkoordinasi langsung dengan para penggarap dan Direksi PT. Perusahaan Jasa Tirta (PJT) II (d/h POJ) di Purwakarta. Sepuluh jenis pohon tersebut berbasis kearifan lokal yaitu :1. Mangga. 2.Rambutan, 3.Jambu ( air, biji, bol), 4. Durian, 5. Petai, 6. Jengkol, 7.Sawo, 8.Kelapa, 9. Nira, 10. Mangrove  (khusus untuk hilir kali CBL/Pantai Utara Bekasi di Kecamatan Tarumajaya, dan Kecamatan Muara Gembong.

Pencanangan penghijauan ini dihadiri oleh : Atjep Wahyu, S.Si  : Direktur Eksekutif CBS Foundation, Bung Alex :Ketua  Umum MACAN (Masyarakat Cinta Nusantara), M.Harun : Koordinator  Rumah Ahok, Elisa Fress : Mahasiswi ITB Jurusan Keanekaragaman Hayati, Farel : Siswa SMP Negeri 03 Tambun Selatan, Dr. Ir. Taupan Yudono : Pendiri STMIK Cikarang, Amir : Ketua RT setempat, Suin : Ketua RW Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan, Edy Wadoyo, SH : Direktur PT. MPS, dan Mandra P.Shakti,SH : Direktur PT. Pura Delta Lestari, dan puluhan warga sekitar CBL.

 

Pada kesempatan itu CBS Foundation dan Ketua RT/RW  menyepakati kerja sama untuk melaksanakan penghijauan di wilayah mereka dengan tematik khusus penanaman Pohon Mangga untuk lingkungan RW di bawah kepemimpinan  RW Suin, dengan melakukan koordinasi penghijauan setiap hari minggu pagi yang dikemas dalam bentuk “coffee morning”.(Alx/RED)

 

Contact Person :

Kang Atjep : 0812.8123.6269

Bung Alex   :  0812.0901.0289                          CBL

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.