oleh

Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Bpk. Wasis Prabowo adakan Workshop monitoring dan evaluasi penyaluran dan penggunaan dana desa

Brebes PostKeadilan- Dana desa sangat bermanfaat dan menurunkan angka kemiskinan masyarakat desa serta meningkatkan kesejahteraan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Bpk. Wasis Prabowo dalam acara Workshop monitoring dan evaluasi penyaluran dan penggunaan dana desa bagi para Camat dan kepala desa di Kabupaten Brebes, Rabu (16/ 12/2020).

banner 400x130

Lebih lanjut Wasis mengungkapkan BPKP sesuai dengan tugas pokok fungsi adalah melakukan pembinaan dan pengawalan. BPKP dalam rangka pengawalan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang berkualitas siap memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan pengelolaan keuangan negara tersebut.

Wasis menambahkan sejak awal BPKP telah melakukan cleansing data terkait data penerima bantuan sosial bersama dengan dinas sosial provinsi/daerah di Kabupaten Brebes. Dari data tersebut masih terdapat beberapa penerima bansos ganda dan tumpang tindih, diluar data penerima bansos yang semestinya mendapatkan bantuan sosial.

Hal ini telah dikoordinasikan dengan pemda untuk membangun basis data yang valid, dan telah diluncurkan Sistem Informasi Kesejahteraan social/SIKS yang bertujuan untuk memberikan koreksi data terhadap pusat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial/DTKS di kemensos.

Wasis menegaskan terkait tentang Aplikasi Sistem Keuangan Desa/Siskeudes ini yang sangat memudahkan pengawasan dan sudah update versi terbaru. Bagi para kepala desa yang mengalami kesulitan terkait hal tersebut, BPKP siap untuk memberikan pendampingan.
Aplikasi tersebut sudah terkoneksi dengan aplikasi lain dan sudah online sehingga mempermudah koordinasi, papar Wasis.

Bupati Brebe …………………

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed