oleh

PMI Kab Bekasi Gandeng Forum Barisan Cinta Lingkungan dan Lembaga Anti Narkotika Kab Bekasi Giat Aksi Donor Darah

BEKASI – Post Keadilan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi dan PT Kalbe Farma kembali gandeng Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bekasi dan Forum Barisan Cinta Lingkungan (F-BCL) Kabupaten Bekasi dalam kegiatan aksi kemanusian donor darah yang ke sekian kali nya di Kantor RW 036 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Minggu (17/10/2021).

Kegiatan donor darah ini diikuti 100 peserta pendonor darah, baik dari lingkungan RW 036 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan maupun dari luar lingkungan RW 036 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan. Hasil pantauan awak media dari total pendonor dari target 100 orang, yang berhasil donor sebanyak 42 orang dan yang ditolak sebanyak 12 orang, total peserta yang donor 50-60 orang.

banner 400x130

Baca Juga : Rapat Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bekasi Di Hadiri Seluruh Pengurus LAN Kab Bekasi

Dalam giat kali ini PMI Kabupaten Bekasi menargetkan 100 kantong darah yang didonorkan oleh peserta, termasuk dari Ketua LAN Kabupaten Bekasi, Paulus Simalango bersama istri serta pengurus LAN Kabupaten Bekasi ikut serta mendonorkan darahnya untuk masyarakat yang akan membutuhkan donor darah.

Kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan oleh Forum Barisan Cinta Lingkungan (F-BCL) pertiga bulan sekali bersama PMI Kabupaten Bekasi dan PT Kalbe Farma, dan hari ini F-BCL bersama PMI Kabupaten Bekasi dan PT. Kalbe Farma menggandeng Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bekasi dalam giat aksi sosial kemanusiaan ini.

Ketua RW 036, Sunarto mengatakan, “Bahwa kegiatan donor darah ini sangat baik dilakukan dan tentunya manfaatnya sangat besar bagi masyarakat yang membutuhkan donor darah,” ujar Sunarto.

Hal senada juga, disampaikan oleh salah satu Pembina Forum Barisan Cinta Lingkungan (F-BCL) Kabupaten Bekasi, H. Amin Mustopa saat dikonfirmasi oleh awak media. “Saya berharap masyarakat peduli dengan kegiatan aksi donor darah seperti ini, karena setetes darah sangat bermanfaat bagi saudara kita yang membutuhkan,” pungkas H. Amin Mustopa.

Begitu juga, ketika Dewan Pembina HIPAKAD Kab Bekasi, H. Nadrin Najib saat ditanya oleh awak media yang juga ikut serta dalam giat aksi donor darah ini, mengatakan hal senada dan menambahkan agar pemerintah Kabupaten Bekasi juga ikut berperan serta dalam kegiatan sosial tersebut.

“Harapan saya ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Bekasi dan juga ikut serta dalam kegiatan aksi sosial kemanusiaan donor darah seperti ini, supaya masyarakat juga semangat dan mau ikut serta dalam kegiatan yang rutin dilakukan oleh Forum Barisan Cinta Lingkungan (F-BCL) dan Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan PMI Kab Bekasi dan PT Kalbe Farma, ayo kita sesama umat saling peduli lah,” harap H. Nadrin Najib.

Sementara, Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Bekasi, Endang Isnaini mengatakan, “Bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Forum Barisan Lingkungan (F-BCL) ini telah dilakukan selama kurang lebih 3-4 kali periode bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bekasi dan PT Kalbe Farma, dan hampir satu tahun lebih kegiatan donor darah ini sudah dilakukan,” ungkap Endang.

“Harapan saya, masyarakat tentunya bisa terus ikut serta mendonorkan darah nya karena donor darah itukan baik bagi tubuh kita ya, apalagi jika dilakukan secara rutin. Selain baik bagi tubuh kita sendiri, tentunya juga dapat membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah kita. Apalagi, beberapa bulan lalu bank darah di PMI Kabupaten Bekasi sempat menipis karena pandemi ya, sehingga jika ada masyarakat yang butuh darah untuk transfusi, pihak keluarga harus ada memberi penggantinya,” katanya.

“Alhamdulillah, stok darah di kita sekarang cukup, dan kegiatan ini terus kami lakukan agar persedian stok darah di PMI tetap stabil,” lanjutnya.

“Ditambah lagi dengan hadirnya Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bekasi dalam kegiatan ini, merupakan sinergi yang baik, jika terus dilakukan berkolaborasi seperti ini tentunya sangat baik, apalagi jangkauannya anak muda daripada melakukan hal yang tidak baik, seperti memakai narkoba kan lebih baik donor darah, iya kan,” kata nya.

Dengan tetap menjaga prokes kesehatan, kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar dari awal sampai selesai. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

2 komentar

News Feed