oleh

Sinergitas Pemprov Jabar dan TNI Polri Dalam Apel Siaga Bencana Alam

Bandung – Jabar. POSTKEADILAN Brigjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., mengikuti kegiatan apel siaga Bencana Tahun 2021 di Wilayah Hukum Polda Jabar.

Dengan mengusung thema “ Melalui sinergitas Pemerintah Provinsi Jawa Barat, TNI, Polri dan Instansi terkait serta elemen masyarakat siap menghadapi ancaman bencana Hidro meteorologi di Jawa Barat, apel ini dilaksanakan di depan Gedung Sate Jl. Diponegoro No. 22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Selasa (23/11/2021)

banner 400x130

Baca Juga : Gubernur Jawa Barat Ingatkan 19 Desa Risiko Bencana Tinggi

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dihadiri oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto, Kapolda Jabar yang diwakili Wakapolda Brigjen Pol. Edy Tambunan, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan beserta para personel TNI, Polri, Basarnas, PMI dan Instansi terkait lainnya.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta kepala Daerah Kabupaten/Kota di Jabar untuk proaktif dalam mengantisipasi adanya bencana alam, Pria yang akrab disapa Kang Emil ini tidak ingin pemerintah baru bergerak setelah ada bencana dan korban.

Saya minta waspada setiap Kepala Daerah di Jabar sampai bulan Maret 2022, ada curah hujan yang lebih tinggi dan tidak biasa yang punya potensi longsor dan banjir lebih sering,” kata kang Emil.

Kang Emil juga menyebutkan, salah satu upaya yang bisa dilakukan Kepala Daerah yaitu apel ke siap siagaan terhadap bencana di kewilayahan, melalui apel kesiap siagaan, Pemerintah akan lebih mudah melakukan antisipasi bencana alam di wilayah masing-masing, mohon apel siaga dengan Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah) untuk kesiap siagaan terhadap potensi bencana alam,”ujarnya.

Selain apel kesiap siagaan, Kang Emil juga menuturkan aparat kewilayahan di Tingkat Kecamatan juga harus proaktif dalam melihat potensi bencana alam, mulai dari titik – titik rawan bencana di wilayahnya masing – masing.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., ditempat yang sama menambahkan, “Kami dari jajaran Satuan Brimob Polda Jabar telah mensiagakan baik personel SAR beserta peralatan – peralatan pendukung yang siap digunakan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Jawa Barat, kami siap siaga apabila digerakkan sewaktu – waktu dalam mengantisipasi bencana alam.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud Bakti Brimob dalam menghadirkan Negara ditengah – tengah masyarakat”,pungkasnya. (Christ/ team jabar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 komentar

News Feed