Peningkatan Pelayanan Kesehatan, Empat Gedung Baru RSUD Cibinong Telah Dioperasikan

Wartawan Penulis oleh: Balas

Cibinong, PostKeadilan – Perkembangan jumlah penduduk kian hari semakin meningkat. Maka dengan sendirinya tuntutan masyarakat terhadap pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan pun ingin yang berkualitas dan terjangkau.

Tuntutan masyarakat sedemikian, oleh Bupati Bogor, Hj Nurhayanti langsung mengaplikasikan dengan mendirikan 4 (empat) gedung kesehatan RSUD Cibinong yang baru.

Empat gedung yang diresmikan Bupati Bogor, Hj Nurhayanti pada 16 Maret 2016 yakni Gedung Rawat Inap Melati, Gedung MCU (Medical Check Up) dan Geriatri, Gedung Instalasi Farmasi serta Gedung Ruang Tunggu Pasien.

Mengenai dioperasikannya empat gedung yang telah diresmikan oleh Bupati Nurhayanti, Direktur Utama RSUD Cibinong drg. Tri Wahyuni Harini, M.Kes kepada wartawan menjelaskan bahwa rumah sakit adalah salahsatu pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat penting.
“Oleh karena itu dengan penambahan empat gedung baru itu diharapkan tingginya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dapat diatasi,” ucap Tri Wahyuni.

Lanjut Tri, Gedung Rawat Inap yang baru, memiliki fasilitas empat lantai dengan kapasitas 160 tempat tidur. “Itu dibangun untuk meningkatkan daya tampung pasien yang dirujuk dan membutuhkan pelayanan di RSUD Cibinong,” ujarnya

Selain Gedung rawat Inap, ia menjelaskan terdapat Gedung Instalasi Farmasi yang berfungsi sebagai tempat pengelolaan obat mulai dari perencanaan, pengadaan obat hingga pendistribusian obat sampai peracikan obat untuk meningkatkan pelayanan pada pasien rawat inap, rawat jalan serta instalasi-instalasi yang membu-tuhkan obat.

“Dengan adanya Gedung Instalasi Farmasi yang representatif, kita dapat melakukan pengelolaan obat yang lebih baik dan melakukan pengawasan mulai dari ketersediaan obat sampai dengan batas kadaluwarsa (expired date). Semuanya dilaksanakan secara ketat dan terintegrasi untuk memberikan layanan yang cepat dan tepat,” paparnya.

Sedangkan Gedung baru MCU sendiri di RSUD Cibinong menyediakan fasilitas modern, para dokter yang handal, serta tata ruang yang nyaman bagi pasien. Melalui MCU, pasien dapat memonitor kesehatannya, mendapatkan deteksi dini akan berbagai penyakit seperti jantung koroner, stroke, diabetes melitus, kanker, sampai dengan pemeriksaan penunjang seperti Laboratorium, Radiologi, Elektrokardiografi dan Treadmill. serta mendapatkan anjuran mengenai tindak lanjut berbagai penyakit.
Tri Wahyuni Harini juga menyarankan untuk dapat memperoleh kesehatan yang optimal guna memperbaiki kualitas kehidupan, perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala yaitu minimal sekali setahun melalui Medical Check Up (MCU).

Selanjutnya, tersedia pula Klinik Geriatri yaitu klinik khusus bagi pasien lanjut usia (lansia) diatas 60 tahun yang memiliki 2 (dua) penyakit atau lebih akibat gangguan fungsi fisik, psikis, atau kondisi sosial yang bermasalah sehingga membutuhkan pelayanan khusus. “Pasien Geriatri membutuhkan perlakuan pelayanan yang berbeda dengan pasien umum lainnya, mencakup pelayanan medis dan non medis,” tuturnya.

Gedung baru berikutnya adalah Gedung Ruang Tunggu Pasien yang bergabung dengan pusat layanan informasi (Information Center). Fungsinya adalah sebagai ruang tunggu bagi pasien yang ingin membesuk keluarganya namun belum waktunya. Mereka dapat menunggu di tempat yang nyaman dengan fasilitas televisi. Pasien dan keluarganya juga dapat memperoleh informasi tentang pelayanan RSUD Cibinong di pusat layanan informasi.* TIM.

Tags: ,
banner 468x60 banner 468x60

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.