oleh

RESTOCKING DIPERAIRAN UMUM DI DESA SUKMAJAYA

Bogor, PostKeadilan – Tabur Benih Ikan (Restocking) di perairan umum adalah sebagai salah satu upaya memanfaatkan sumberdaya alam. Pengelolaan secara berkesinambungan perlu dilakukan secara bijaksana.

Dalam upaya meningkatkan pemanfaatan sumberdaya ikan di perairan umum serta terjaminnya kelangsungan usaha pemanfaatan sumberdaya ikan demikian, juga bagian tetap buat mempertahankan kelestarian sumberdaya ikan di perairan umum.

Karena kondisi tersebut diatas, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kab. Bogor, Selasa (11/3/2020) itu melakukan Kegiatan Restocking Ikan di perairan umum daratan (sungai, waduk, embung, tuk dll.). Sebagai kegiatan rutin tahunan disamping mengharapkan adanya kemandirian dari masyarakat disekitar lokasi perairan umum, Dinas beri contoh lakukan kegiatan penebaran benih ikan.

Giat tersebut, Dinas melalui Kepala UPT BBI Kelas A Rancabungur, Yeni beri bantuan sebanyak 30.000 ekor kepada warga desa Sukmajaya.

Bantuan itu disambut baik Kades Sukmajaya, Ecep Surasman. Hadir Sekdes Agus Salim, Babinsa Kec Tajurhalang Serma Sutarna, Babinsa Desa Sukmajaya Serka Agus AK, Pak Zainal Ketua Paguyuban Nanggela Desa Sukmajaya serta tokoh masyarakat setempat lainnya.

Yeni menjelaskan “tujuan kegiatan penebaran ikan (restocking) di perairan umum  adalah :
1. Untuk meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum
2.Untuk melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan di perairan umum.
3. Untuk meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat.
4. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum melalui peningkatan pendapatan dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan.

Ecep Surasman dalam sambut program Restocking yang di berikan Pemkab Bogor, sangat antusias dan beri apresiasi.


“Dengan adanya program Restocking di Situ Nanggareng ini, kiranya dapat dimamfaatkan oleh warga sekitar. Bisa terus berkembang sebagai Desa Wisata sehingga dapat menarik perhatian bagi para peminat rekreasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Ecep menambahkan, bagaimana itu bisa terwujud.

“Kita harus menata, merapikan dan merawat Situ yang kurang lebih seluas 2 Ha ini dengan baik. Supaya warga masyarakat Desa Sukmajaya khususnya dan Desa Nanggerang bisa menikmati, memamfaatin hasil dari adanya Situ ini,” jelasnya.

Senada dengan Kades, Sekdes Agus Salim sebut siapkan segala administrasi guna mendorong berkembangnya Situ ini.

Demikian dengan Babinsa Desa Sukmajaya, Serma Agus AK turut beri masukan serta mendukung program itu.

Demikian Ketua Panguyuban Nanggela Desa Sukmajaya, Zainal mengharapkan para pedagang dan masyarakat sekitar dapat memamfaatkan daerah wisata ini dengan baik dan ikut andil dalam perawatan. Dengan kesadaran diri sendiri, kita juga akan turut meminta ke Dinas PSDA agar menambahkan Joging track nya. Herman Ps

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed