Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
BandungHeadline News

Kajati Jabar Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan Ke-79

54
×

Kajati Jabar Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan Ke-79

Sebarkan artikel ini

Bandung, PostKeadilan – Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar) Katarina Endang Sarwestri, S.H., M.H memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan yang ke-79 di lapangan Kejati Jabar, Senin, (2/9/2024) pagi. Acara tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Pada pidatonya, Kajati Jabar membacakan Amanat Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin sebut tepat pada hari ini, 79 (tujuh puluh sembilan) tahun yang lalu, saat negara Indonesia baru 15 (lima belas) hari memproklamasikan kemerdekaannya, institusi yang kita cintai ini dilahirkan.

Example 300x600

Dilantiknya Meester De Rechten Gatot Taroenamihardja, sebagai Jaksa Agung pertama bersama dengan pembentukan kabinet presidensial pertama di Indonesia, menandai dimulainya peran Jaksa Agung dan Kejaksaan dalam mempertahankan kedaulatan hukum Indonesia.

Saat ini kejaksaan telah genap berusia 79 (tujuh puluh sembilan) tahun. Meski demikian upacara peringatan hari lahir Kejaksaan baru pertama kali kita selenggarakan, paska diberlakukannya keputusan Jaksa Agung Nomor 196 Tahun 2023 Tentang Hari Lahir Kejaksaan RI.

Penentuan dan penetapan hari lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September 1945 tidak ditentukan secara tiba-tiba. Tapi melalui hasil penelitian panjang dari para ahli sejarah yang bekerja sama dengan kejaksaan untuk menelusuri, menemukan, dan mengumpulkan arsip-arsip nasional yang tersebar di dalam maupun di luar negeri, terutama di Belanda.

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, mengapa penetapan hari lahir kejaksaan perlu ditentukan? Selain menjadi pengingat akan sejarah panjang perjuangan Kejaksaan dalam menegakkan hukum dan keadilan di Negara Kesatuan Republik Indonesia, penentuan hari lahir Kejaksaan ini memiliki urgensi, diantaranya:

1. menegaskan keberadaan kejaksaan sebagai lembaga yang berdiri sejak awal kemerdekaan. Hal ini menunjukkan pentingnya peran kejaksaan dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara.

2. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penegakan hukum. Dengan memperingati hari lahirnya, Kejaksaan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap masalah hukum dan ikut serta dalam menciptakan lingkungan yang kondusif.

3. ketiga, memperkuat soliditas ……………..

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.